Sabtu, 02 Januari 2010

quiz manajemen umum 1DB03

1. Siapa yang sebenarnya membutuhkan manajemen dan mengapa manajemen itu harus ada?

Jawab : Semua orang membutuhkan manajemen dan juga organisasi membutuhkan manajemen agar dapat mencapai tujuan bersama. Manajemen harus ada karena untuk mengatur sistem kerja, manusia harus menghasilkan hasil yang maksimum agar apa yang direncanakan berjalan dengan baik dan bertahap.

2. Mengapa pada lower manajemen, manajerial skill atau keahlian lebih kecil dibandingkan material skill?

Jawab : Karena pimpinan tingkat bawahan lebih banyak berhadapan dengan paa pekerja operasional secara langsung, dimana tugas utamanya adalah memberikan bimbingan langsung kepada petugas operasional. Maka bagi pimpinan tingkat bawahan harus mengetahui selak beluk kegiatan yang operativ.

3. Mengapa dalam sebuah organisasi diperlukan suatu rencana atau planning?

Jawab : Agar apa yang telah direncanakan oleh suatu organisasi dapat dihasilkan dengan sesuai rencana tepat pada waktunya.

4. Apa yang dimaksud dengan Promosi?

Jawab : Promosi adalah salah satu motivasi bagi para pegawai untuk menunjukkan prestasi-prestasinya yang besar.

5. Apa yang dimaksud dengan Demosi?

Jawab : Demosi adalah penurunan jabatan karena seseorang tersebut tidak mampu dan cakap dalam memikul tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya tanpa mengurangi balasan jasa yang pernah diterimanya.

6. Sebutkan sebab utama konflik yang sering timbul dalam organisasi!

Jawab : Konflik dalam individu, konflik antara individu dalam organisasi yang sama, konflik antar individu dan kelompok, konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama, dan konflik antar organisasi.

7. Sebutkan dan jelaskan gaya kepemimpinan yang anda ketahui beserta ciri-cirinya!

Jawab : Gaya kepemimpinan adalah pola tingkah laku yang dirancang untuk mengintegrasikan tujuan organisasi dan tujuan individu untuk mencapai tujuan bersama. Antara lain :

- Tipe Otokratis yaitu pimpinan yang selalu memerintah dan menyuruh bawahannya agar bertindak sesuai dengan keinginannya.

- Tipe Paternalistis yaitu selalu beranggapan bawahannya belum dewasa dan harus mempersiapkan segala sesuatunya lebih baik lagi.

- Tipe Kharismatik yaitu sifat-sifat yang timbul dari perbandingannya yang menimbulkan pesona.

- Tipe Demokrasi yaitu bersetia menerima segala dari bawahannya dan member kesempatan pada bawahannya untuk berkonsultasi.

- Tipe Militerisme yaitu selalu mengkomandokan apa saja yang harus dikerjakan.

0 comments:

Posting Komentar