Rabu, 29 September 2010

GAMBARAN DAN STRUKTUR SIM

PENDAHULUAN

Sistem informasi manajemen digambarkan pada perspektif umum dan hanya sebuah system yang bekerja untuk tugas-tugas rutinitas perusahan atau kegiatan dengan frekuensi kerja yang cukup tinggi seperti pada halnya laporan evaluasi perusahaan ataupuan berbincang, rapat, pertemuan dengan para manajer, perspektif secara umum hanya pada objek dengan tingkatan paling atas disuatu perusahaan. Dalam materi ini akan dijelakan bagaimana Sistem Informasi Manajemen sebenarnya, apasaja, serta siapa saja yang terkait dengan kegiatan yang mengatur sebuah system informasi sehinga sampai kepada orang-orang yang memerlukan informasi.


TINJAUAN PUSTAKA

Sistem informasi manajemen menggambarkan suatu system yang diciptakan untuk melaksanakan pengolahan data yang akan dimanfaatkan suatu organisasi. Sistem informasi manajemen merupakan sebuah bentuk sistem informasi yang ditujukan untuk melayani para manajer memperoleh informasi. “Sistem formal adalah sistem yang berjalan menurut norma-norma organisasi yang berlaku pada semua orang, sesuai dengan kedudukannya dalam organisasi. Sistem ini tergantung kepada tugas, wewenag, dan tanggung jawab yang dibebankan kepada pemegang jabatan organisasi. Sistem nonformal adalah sistem yang berlaku di lingkungan organisasi melalui saluran-saluran tidak resmi, tetapi mempunyai pengaruh cukup kuat dalam kehidupan organisasi yang bersangkutan “(Gordon,1999). Struktur sistem informasi manajemen secara konseptual dan fisik. Struktur sistem informasi manajemen (SIM) dapat dapat dibagi menurut konsep struktural yang memungkinkan pembahasan dan perancangan sistem fisik yang akan mendefinisikan cara pelaksanaan SIM.


PEMBAHASAN

Gambaran Umum Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Sistem Informasi Manjemen atau paling dikenal dengan SIM merupakan kumpulan-kumpulan unur-unsur dengan berbagai bentuk baik bersifat fisik maupuan abstrak atau konseptual yang ke semua komponen itu membentuk komponen sistem. Kumpulan dari komponen sistem membentuk Sistem informasi manajemen. Ada 2 pengertian dalam hal penjelasan pada konsep struktur, hal ini didasarkan pada :
1. Kegiatan Manajemen.
2. Fungsi Organisatoris.
Struktur dasar SIM seperti yang dikenal pada mulanya kegiatannya hanya terkeit dengan input-proses-output, namum setelah ditemukan media penyimapanan (storage), kegiatan SIM menjadi lebih terstruktur, tertib, terpadu, setiap data yang pernah dinput mudah untuk diambila dan dijadikan acuan, hal demikian yang memberikan keuntunga baik dari segi materil dan waktu. Dapat Anda bayangkan apabila data yang telah Anda buat tidak disimpana pad saat tertentu Anda memerlukan data itu lagi, bias dibayangkan berpabanyak waktu dan tenaga yang Anda perlakuan untuk membuat data yang padahal sudah perna Anda buat. Yang dilakukan dalam komponen sistem adalah :
1. Komponen Fisik
2. Komponen system Catatan
Perangkat keras Perangkat keras bagi sutu system informasi yang berdasarkan prinsip man to machi yaitu komputer ( pusat pengolahan, unit masukan, keluaran, unit penyimpanan file, dan senagainya ), peralatan penyimpanan, terminal masukan / keluaran perangkat lunak. Peranagkat lunak ini terbagi atas 3 jenis utama yaitu system perangakat lunak umum, penoperasian data system, maupun sistem manajemen data.
File merupakan program yang dapat dbuktikan dengan adanya media penyimpanan data. Prosedur merupakan bentuk fisik, yang terdiri atas 3 macam bentuk prosedur, yakni :
1. Instrukrsi untuk pemakai
2. Instruksi untuk penyiapan masukan
3. Instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer
Personalia pengoperasian Operator computer, analisis system, programmer, operator penyimpanan data / file, pimpinan system informasi. Fungasi pengolahan Catatan Pengolahan transaksi Suatu transaksi terkait dengan kegiatan pengadaan penjualan maupan pembalian, metode pencatatan dokumen yang bergunakan sebagai dokumen transaksi yaitu:
1. Mengarah pada terjadinta transaksi.
2. Pencatataan pelaksanaan
3. Melaporka taua memastikan atau menjelaskan keberlangsungan transaksi.
Memelihara file historis File historis merupaka catatan akan kejadian kejadian tau kegiatan perkatoran yang dirangakum pada lembar dengan memberikan urutan-uritan waktu utuk segala kegiatan perkantoran secara umum.
Menghasilakan laporan dan keluaran lain Keluaran yang uatama adalah laporan yang telah terjadwal, namun sstem informasi harus dapat mejajikan laporan yag sifatnya insidentil. Siklus pengolahan sering kali memerlukan keluaran khusus. Misalnya: suatu berita atau pesan yang memerlukan suatu koreksi.
Interaksi dengan pemakai SIM dengan azas man to machine pada oarganisasi dengan skala besar memerlukan perangkat teknologi yang udah interkasi engan pemakainya atau lebih dikenal dengan metode GUI (Graphics User Interface).
Beberapa jenis keluaran yang merupakan pengolahan dari sutu data yang diolah dengan sistem informasi yang telah diatur (manage), hal tersebut dilakukan agar tersampaikan informasi secra akurat, efektif serta efisien merupakan pilar utama syarat suatu informasi. Keluaran suatu sistem informasi dapat dikelompokan kedalam 5 jenis utama, yakni :
1. Dokumen transaksi
2. Laporan yang direncanakan sebelumnya.
3. Jawaban atas pertanyaan yang direncanakan sebelumnya
4. Laporan serta jawaban atas pertanyaan yang sifatnya sementara
5. Dialog manusia mesin(man to machine), dalam mater I ini bentuk SIM tersebut yang Saya gunakan, masih ada 2 bentuk SIM yang lainya, kombinasi dari 2(hanya 2) subjek utama manusia (man)dan mesin(machine).


Struktur Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Struktur suatu sistem informasi manajemen itu bersifat konkrit. Tiada kerangka standar yang disepakati untuk menguraikan sistem informasi manajemen. Acuan yang digunakan adalah menguraikan unsur pengoperasian serta beberapa konsep struktural dasar dan struktur SIM menurut dua cara, berdasarkan kegiatan manajemen dan fungsi organisatoris. Konsep struktural dan kedua pendekatan kemudian disintesiskan ke dalam suatu struktur SIM yang didefinisikan secara konseptual dan fisik.
Pada hakekatnya hal ini merupakan suatu kerangka konseptual yang memungkinkan pembahasan dan perencanaan sistem informasi. Ada pula suatu struktur fisik yang mendefinisikan sebagai suatu gabungan subsistem fungsional yang masing-masing dibagi dalam empat seksi pengolahan informasi, yaitu :
a. Pengolahan transaksi
b. Dukungan operasi sistem informasi
c. Dukungan pengendalian manajerial sistem informasi
d. Dukungan perencanaan strategis sistem informasi


PENUTUP

Kesimpulan

Kumpulan dari komponen sistem membentuk Sistem informasi manajemen. Ada 2 pengertian dalam hal penjelasan pada konsep struktur, hal ini didasarkan pada :
1. Kegiatan Manajemen.
2. Fungsi Organisatoris.

File merupakan program yang dapat dbuktikan dengan adanya media penyimpanan data. Prosedur merupakan bentuk fisik, yang terdiri atas 3 macam bentuk prosedur, yakni :
1. Instrukrsi untuk pemakai
2. Instruksi untuk penyiapan masukan
3. Instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer.

Keluaran suatu sistem informasi dapat dikelompokan kedalam 5 jenis utama, yakni :
1. Dokumen transaksi
2. Laporan yang direncanakan sebelumnya.
3. Jawaban atas pertanyaan yang direncanakan sebelumnya
4. Laporan serta jawaban atas pertanyaan yang sifatnya sementara
5. Dialog manusia mesin(man to machine), dalam mater I ini bentuk SIM tersebut yang Saya gunakan, masih ada 2 bentuk SIM yang lainya, kombinasi dari 2(hanya 2) subjek utama manusia (man)dan mesin(machine).
Konsep struktural dan kedua pendekatan kemudian disintesiskan ke dalam suatu struktur SIM yang didefinisikan secara konseptual dan fisik.

Saran Penulis

SIM dalam sebuah perusahaan merupakan sebuah sistem yang harus diterapkan untuk masa sekarang ini. Karena konsep-konsep yang ada didalamnya sangat mendukung untuk sebuah perusahaan. Struktur dalam SIM sangat berguna untuk dijadikan pedoman sebuah perusahaan.


DAFTAR PUSTAKA

Davis, Gordon B.: Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Struktur & Pengembangannya (Jilid I dan II), PT Pustaka Bnaman Pressindo, Jakarta, 1991

Kumorotomo, Wahyudi dan Subando Agus Margono.: Sistem Informasi Manajemen dalam Organisasi- organisasi Publik, Gajah Mada University Press, Yogyakarta, 1994.

Zulkifli A M.: Manajemen Sistem Informasi(Cetakan ke-5),Gramedia,Jakarta,2005

http://www.google.com/ key word(Sisitem Informasi Manajemen)

http://www.pusdiklatwas.bpkp.go.id/filenya/namafile/258/KT_SIM.pdf

http://www.scribd.com › School Work › Homework

Jurnal Universitas Gunadarma, 15 September 2010

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen

http://juraeis.blogspot.com/

McLeod Raymond, Jr. , Sistem Informasi Manajemen edisi ketujuh jilid 2, Texas, Prentice Hall Inc, 1997.

McLeod, Raymond. 1995. Sistem Informasi Manajemen I & II. Prenhallindo. Jakarta

0 comments:

Posting Komentar