Rabu, 29 September 2010

KOMPONEN-KOMPONEN DAN PENDUKUNG SIM

PENDAHULUAN

Sistem informasi manajemen berkepentingan dengan penyediaan informasi yang menyeluruh dan terintegrasi untuk membantu pengambilan keputusan bagi berbagai tingkatan manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan. Ditinjau dari hal tersebut, maka sistem informasi akuntansi merupakan subsistem dari sistem informasi manajemen.

Komponen sistem informasi manajemen adalah seluruh elemen yang membentuk suatu sistem informasi. Komponen sistem informasi terbagi menjadi dua yaitu komponen Sistem informasi manajemen secara fungsional dan sistem informasi manajemen


TINJAUAN PUSTAKA

Pengembangan sistem informasi pada suatu perusahaan merupakan suatu kegiatan yang bersifat holistik untuk membangun suatu sistem informasi melalui pengembangan komponen-komponen sistem informasi, yaitu meliputi pengembangan hardware, network, sumber daya manusia, database dan software itu sendiri. Pengembangan sistem informasi merupakan penyusunan suatu sistem informasi yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada.


PEMBAHASAN

Komponen-Komponen Sistem Informasi Manajemen (SIM)

  1. Sistem Database

Sistem database adalah sebuah bank data yang dapat dijangkau oleh sistem. Database yang memuat seluruh data perusahaan, dan peranannya sangatlah penting bagi kelancaran organisasi.

  1. Decision Support System (DSS)

Penerapan sistem informasi yang membantu aktivitas pengambilan keputusan. DSS cenderung digunakan dalam perencanaan untuk menganalisis alternatif serta pecarian pemecahan melalui salah satu sistem yang ada.

  1. Information Resource Management (IRM)

Cara pendekatan terhadap manajemen yang didasarkan atas konsep pemikiran bahwa informasi merupakan sebuah konsep organisatoris. Ruang lingkup IRM mencakup komunikasi data dan pemrosesan kata. Konsep IRM menekankan pada efektifitas organisatoris sumber sistem informasi daripada spesifikasi teknikal atau efesiensi perangkat keras dan lunak.

  1. User Machine System

Perancang sebuah sistem informasi manajemen harus memahami kemampuan manusia sebagai pengolah informasi dan perilaku manusia dalam pengambilan keputusan.

  1. Synergystic Organization

Sifat pengaturan kerjasama yang menghasilkan produksi total dari seluruh anggota organisasi (totalitas) lebih besar daripada jumlah hasil anggota organisasi itu.


Pendukung-Pendukung Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Sistem Pendukung Manajemen (MSS). Sistem pendukung manajemen atau manajemen support system (MSS) mempunyai banyak jenis. Dalam hal ini, keseluruhannya dianggap sebagai MSS. Dengan asumsi di atas, TPS (transaction processing system), OA (office automation), DSS (decision support system), dan ESS (executive support system) adalah elemen MSS yang akan lebih menunjang existensi dari pada SIM. Di sini MSS atau system pendukung manajemen dibagi menjadi bagian-bagian :

· Accounting Information System

· Finance Information System

· Marketing Information System

· Production Information System

· Personal Information System

· Corporate Information System

· Management Information System

· Information System lainnya

Bagian-bagian dari MSS dapat dimasukkan ke dalam “framework”, seperti pada dibawah ini :

  1. Sistem Pengolahan Transaksi (TPS)

Transaction processing system (TPS) atau system pengolahan transaksi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk keperluan transaksi sehari-hari. Sistem ini sangat berguna untuk menghasilkan/memproduksi data. Daur ulang informasi TPS akan mendapatkan data dari luar dan dari dalam.

  1. Otomasi Perkantoran (AO)

Office Automation System (OAS) memiliki 3 tujuan yang harus diraih, yaitu :

a. Penggabungan dan penerapan teknologi.

b. Memperbaiki proses pelaksanaan pekerjaan di kantor.

c. Meningkatkan produktifitas pekerja dan efektifitas pekerjaan.

Beberapa fasilitas OAS yang sering digunakan orang dapat disarikan sebagai berikut :

Ø Word Processor

Ø Document Management

Ø Electronic Mail

Ø Electronic Funds Transfer

Ø Voice Mailing System

Ø Voice Information Services

Ø Fax Information Service

Ø Video Conference

  1. Sistem Pendukung Keputusan (DSS)

Definisi DSS dapat ditulis sebagai rangkuman sistem komputer yang digunakan untuk membantu manajer membuat keputusan. Sebuah proses yang menggunakan DSS memiliki beberapa komponen, antara lain :

A. Dialog

B. Model

C. Database

D. Data

  1. Sistem Pendukung Executive (ESS)

Tujuan Executive Support System (ESS) nadalah untuk mengintisarikan informasi dari berbagai sumber, lalu dipersembahkan pada Manajer Tingkat Atas (MTA).

  1. Sistem Informasi Akuntansi (SIA)

Sistem informasi akuntansi (SIA) melaksanakan aplikasi akuntansi perusahaan. Aplikasi ini ditandai dengan volume pengolahan data yang tinggi. Pengolahan data terdiri dari empat tugas utama yaitu pengumpulan data, manipulasi data, penyimpanan data dan penyiapan dokumen. SIA lebih berorientasi pada data dari pada berorientasi pada informasi dan datanya sebagian besar bersifat historis.


PENUTUP

Kesimpulan

Komponen – komponen dalam Sistem Informasi Manajemen sangat saling berkaitan dan bergantung. Dimulai dari data Database persahaan, sitem pendukung keputusan, sampai dengan proses produksi. Hal – hal tersebut apabila ada yang tidak berjalan maka kinerja dalam perusahaan terebut tidak berjalan secara optimal. Begitu pula untuk pendukung-pendukung dalam SIM semuanya sanagat berpengaruh untuk memajukan dan mengoptimalkan kinerja dalam suatu perusahaan.

Saran Penulisan

Suatu perusahaan akan maju dan berkembang apabila memperhatikan dan menerapkan komponen – komponen dan pendukung dalam sistem informasi manajemen, karena hal – hal tersebut memang sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan untuk sekarang – sekarang ini yang dituntut untuk bekerja lebih cepat dan efisien.


DAFTAR PUSTAKA

http://okeekristian.blogspot.com/2010/09/sistem-informasi-manajemen.html

http://22adi.blogspot.com/2010/01/komponen-pendukung-sim.html

http://www.smecda.com/e-book/SIM/Simbab1.pdf

Davis, Gordon. 1992. Sistem Informasi Manajemen I & II. Pustaka Binawan. Jakarta

Effendy, Uchjana Onong. 1989. SIM. Mandar Maju. Bandung

McLeod, Raymond. 1995. Sistem Informasi Manajemen I & II. Prenhallindo. Jakarta

http://irusdinar.blogstudent.mb.ipb.ac.id/

Brown, Carol V, Daniel W DeHayes, Jeffery A. Hoffer, E. Wairight Martin, William C. Perkins. 2009. Managing Information Technology Sixth Editio. Pearson International Prentice Hall.

O’Brien, Markas. 2007. Management Information System. Mc Graw-Hill Companies.

http://anggasisteminformasimanajemen.blogspot.com/

0 comments:

Posting Komentar